Wednesday, May 27, 2015

Tekalak sebagai alat penangkap ikan tradisional suku dayak



Kembali lagi bersama saya hari ini dengan tambahan beberapa bahan yang akan saya tulis menjadi artikel untuk memberikan info yang luas kepada pengunjung disini. Kali ini saya akan membahas tentang cara menangkap ikan menggunakan perangkap yang dibuat dari sebatang bambu dan selembar akar. Kami biasa menyebut benda ini Tekalak karena memiliki bentuk muka(Depan yang terbuka lebar(Teserayak) dan memiliki ujung yang kuncup).

Tekalak adalah perangkap yang dibuat dari sebatang bambu muda yang di anyam menggunakan selembar akar. Bambu yang masih muda ditebang dan dibelah-belah namun belahannya tidak sampai terpisah dari ujung ke ujung, namun pada bagian pangkalnya tidak terpotong. Setelah bambu terbelah maka kita akan menggunakan akar untuk membentuk Tekalak, Akar yang panjang dilipat menjadi dua dan dianyam menyilang disetiap belahan bambu, Setelah sampai ke bagian muka maka akar diikat kuat agar tak terlepas.

Tekalak dipasang di aliran air yang mengalir, namun pemasangan Tekalak membutukan penutup aliran air yang biasa disebut Tabaan. Kegiatan memasang Tekalak ini disebut Menaba karena menutup sebuah aliran air agar ikan hanya lewat melalui bagian yang diberi lubang yang sudah dipasangi Tekalak.

Masa perangkap ini dilihat(Dicaru) biasanya satu malam, ini dilakukan karena pertimbangan berdasarkan dimana kita memasang Tabaan. Namun kita dapat Mencaru(Melihat) Tabaan pada pagi dan sore hari apabila memang tempat dimana kita memasang Tabaan adalah sungai yang memiliki banyak ikan.

Setelah sedikit informasi yang saya bagikan kali ini, saya berharap agar informasi ini bermanfaat bagi para pembaca yang telah setia berkunjung ke blog yang sederhana ini.
Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com