Saturday, May 23, 2015

Serua adalah alat menangkap ikan suku dayak

Setiap hari masyarakat suku dayak beramai-ramai mengeksploitasi alam yang ada di sekitar mereka agar kekayaan alam yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik. Salah satu yang sering dimanfaatkan adalah bambu dan rotan yang memang banyak di daerah mereka tinggal.


Penggunaan Bambu dan Rotan dapat di aplikasikan untuk membuat alat yang digunakan untuk menangkap ikan. Salah satu dari alat itu adalah Serua. Alat menangkap ikan ini dibuat dengan 2 bagian utama yaitu Badan Serua sendiri dan Tempat untuk meletakkan umpan yang diberi nama Papang.

Alat menangkap ikan yang satu ini cukup populer di dalam kehidupan masyarakat dayak karena pengguanaan alat ini cukup mudah. Hanya dengan memberi umpan dan memasang alat ini di sungai dan menunggu kita akan mendapatkan ikan yang terperangakap di dalamnya.
Umpan yang digunakan biasanya adalah Rampang (Ampas perasan Tuak (Minuman Khas Suku Dayak)), Namun jika tidak ada rampang Singkong yang diparut juga dapat digunakan untuk menjadi umpan Serua.

Kini alat ini di kalangan modern hanyalah sebuah alat yang jarang digunakan, Karena hampir setiap hari orang yang berjualan ikan datang untuk berkeliling ke setiap rumah. Namun tidak luput juga beberapa orang masih dengan kebiasaan lama yang masih menggunakan Serua untuk memenuhi kebutuhan hidup adapula beberapa orang dari penggunaan Serua mendapatkan hasil lebih lalu mereka jual atau berikan kepada kerabat-kerabat mereka.

Sebelum alat ini punah dan tidak ada rekam jejaknya, saya selaku
Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com