Sunday, May 17, 2015

Alat Rumah Tangga Tradisional Suku Dayak : Kindai adalah alat rumah tangga suku dayak

Karena kebutuhan hidup sehari-hari, kehidupan keluarga suku dayak membutuhkan berbagai alat untuk melakukan aktifitas salah satunya ialah Kindai.


Kindai adalah alat yang digunakan untuk membawa barang-barang dalam masyarakat suku dayak. Kindai sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari contoh penggunaan kindai yang paling sering dipakai adalah saat Berimah (Mencari bahan pangan ke Lakau(Ladang)). Kindai juga dipakai sebagai tempat membawa barang-barang pada saat seorang anak laki-laki menikah dan melakukan ritual adat.
Kindai dibuat dari bahan rotan yang orang dayak sendiri biasa menyebutnya dengan rautan saga (Rotan Saga) dan rautan Lantung (Rotan Lantung).
Rotan saga dan rotan lantung memiliki ukuran yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Rotan saga biasa digunakan sebagai sasai untuk setiap barang yang berbentuk anyaman ya salah satunya adalah kindai.

Rotan Lantung memiliki ukuran yang lebih besar dari rotan saga sehingga memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi dalam hal kekerasan. Rotan lantung digunakan sebagai bahan utama untuk membentuk kindai. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan membuat kindai Rotan Lantung juga biasa digunakan untuk membuat Tangguk.
Rotan Saga memiliki ukuran  yang lebih kecil dari rotan lantung dan memiliki struktur yang lebih lembut dari rotan lantung sehingga akan lebih mudah untuk dijadikan bahan pengikat. Tidak hanya digunakan sebagai sasai kindai namun dapat digunakan untuk yang lain seperti sasai tanggguk,sasai serua dan lain-lain.

Kedua rotan ini biasa hidup di daerah dekat sungai namun adapula yang hidup di daratan yang jauh dari sungai. Sekarang rotan ini sudah semakin sedikit karena sebagian besar pulau Kalimantan sudah dialih fungsikan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. Karena lahan semakin sedikit menjadikan pertumbuhan rotan ini akan semakin sedikit setiap tahunnya dan tidak menutup kemungkinan akan punah dari alam asli Kalimantan yang sangat kaya dengan budaya ini.

Dengan rasa hormat dan terima kasih yang saya ucapkan kepada pembaca yang telah mau berkunjung dan membaca sedikit ulasan mengenai kindai dan bahan pembuatnya. Saya akan meng-Update artikel yang berhubungan dengan kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat suku dayak jika saya memiliki waktu untuk menulis dan mengulas sedikit kisah yang ada dalam keseharian suku dayak.
Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com