Sunday, June 14, 2015

Budaya Kepuhunan / Kempunan dalam masyarakat dayak



Dengan topik kali ini saya akan membahas mengenai beberapa hal yang dianggap pantang oleh masyarakat tradisional yang masih kental akan kebiasaan nenek moyang yang masih ada. Oleh karena kebiasaan-kebiasaan itulah pola pikir yang dimiliki oleh masyarakat tradisional mendapat pengaruh dari nenek moyang.

Kepuhunan adalah sebutan untuk orang-orang yang mengalami kesialan,kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Kepuhunan ini terjadi pada saat orang yang bersangkutan di ajak makan atau minum,namun tidak menghiraukan ajakan dilontarkan oleh sang pengajak. Sebenarnya apabila orang yang bersangkutan memang tidak mau atau sedang kekenyangan sehingga ia tidak ingin makan atau minum maka ia dapat melakukan sebuah kebiasaan yang disebut Beselayang / Bepusa/ Pusa-pusa, Bepusa/Beselayang adalah hanya menyentuh makanan atau minuman yang ada.
Di samping ini gambar bepusa:


Kebiasaan ini masih terus berlanjut hingga saat ini,Namun ada beberapa orang yang mempercayai hal ini namun adapula yang tidak percaya akan hal ini. Sebenarnya ini dikembalikan kepada sang pelaku apakah mempercayai hal ini ataupun tidak, Namun hingga saat ini saya juga masih mempercayai hal ini.

Jika ada diantara pebaca ada yang mengalami hal ini mungkin saja itu kebetulan ataukah itu memang benar benar ada.
Hanya inilah yang kali ini dapat saya bagikan kepada pembaca yang telah setia berkunjung ke blog yang sederhana ini.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com