Thursday, July 2, 2015

Ritual kematian tradisional suku dayak ~Dayak Air Upas

Dalam dunia ini kehidupan memiliki 2 alur yaitu kehidupan sekarang dan kehidupan akan datang. Kehidupan Sekarang adalah kehidupan yang saat ini kita rasakan, Namun kehidupan yang akan datang adalah kehidupan yang saat ini belum kita ketahui.

Ritual kematian adalah hal yang sakral dalam masyarakat Dayak, Salah satunya adalah Nganjan, Nganjan memiliki arti tertentu bagi beberapa daerah yang memiliki ritual adat ini. Di daerah Air Upas, Ritual kematiannya disebut Besiang Kelangkahan. Besiang Kelangkahan jika dijabarkan dalam bahasa Indonesia adalah Membersihkan segala sesuatu sisa peninggalan orang yang mati itu. 

Besiang Kelangkahan dilakukan pada saat Hari ketiga setelah penguburan, Dalam acara Besiang Kelangkahan ini dilakukan yang Namanya Tampung Tawar dan Katap Basi dalam dua hal ini tidak lupa juga diikuti oleh mantra mantra. Kedua hal ini pertama diberikan kepada pihak keluarga yang meninggal, apabila seluruh kerabat keluarga yang meninggal sudah diberi makan selanjutnya akan diberikan juga kepada setiap orang yang ikut dalam penguburan jenazah orang yang meninggal tersebut.
Setelah semua hal di atas dilakukan makan setiap orang yang ikut dalam penguburan akan mengambil daun mentawa yang sudah mati lalu menaruhnya di bagian rumahnya sebgai tanda bahwa dia ikut berpartisipasi.


Ucapan Terima Kasih kepada pembaca tak henti henti saya berikan karena telah berkunjung dan belajar akan budaya yang ada di luar daerahnya, ini semua berguan agar mendapat banya ilmu pengetahuan.
Location: North Jakarta, North Jakarta

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com