Sunday, May 17, 2015

Akar Beracun Akar Tuba


Akar Tuba adalah sebuah akar yang memiliki kandungan racun yang dapat membuat orang atau hewan yang meminumnya akan menjadi mabuk oleh kandungan racun yang ada di dalam akar tersebut.


Akar Tuba sering dibudidayakan oleh masyarakat suku dayak, biasanya suku dayak menanam akar beracun tersebut di lakau (Ladang). Waktu untuk menanam akar beracun ini paling tidak adalah 2 tahun agar memiliki akar yang besar dengan akar yang besar air dari akar itu bisa lebih banyak, dengan akar yang banyak tentu saja memiliki dosis yang tinggi sehingga lebih banyak yang dapat diracuni.

Dengan memiliki akar tuba masyarakat suku dayak akan melakukan kegiatan yang disebut Menuba (Meracun Ikan dengan Akar Tuba). Agar akar beracun ini dapat digunakan untuk meracuni ikan kita harus Memantu Tuba (Memukul Akar Tuba) terlebih dahulu sebelum perasan akar beracun ini di taburkan ke dalam air. Akhir dari proses penaburan campuran akar beracun inilah yang akan membuat ikan-ikan mabuk dan menuju permukaan air sehingga masyarakat suku dayak dapat menangkapnya dengan alat-alat yang mereka miliki salah satunya adalah Serapang,Tangguk dan Sesauk. Alat inilah yang menjadi bagian utama dalam menangkap ikan saat menuba ataupun kegiatan lain.
Berikut adalah akar tuba yang telah dipukul dan sudah siap untuk menghamburkan getahnya ke dalam air.
 
Beberapa kata yang sudah saya tulis di artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, saya akan meng-Update beberapa artikel yang berhubungan dengan artikel kali ini.


Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com