Sunday, May 17, 2015

Alat penangkap ikan tradisional ~Serapang

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat suku dayak memiliki alat yang dapat digunakan untuk mencari lauk pauk yaitu Serapang. Serapang dalam suku dayak sangat dibutuhkan pada saat musim kemarau panjang karena pada saat kemarau panjang masyarakat suku dayak akan menangkap ikan dengan menggunakan racun yang berasal dari akar Tuba. Kegiatan meracun ini dinamakan Menuba. 

Serapang adalah pilihan utama saat menuba karena menuba dilakukan di air yang diperkirakan memiliki ikan yang banyak dan besar sehingga hanya serapa yang mampu menangkap ikan tersebut. Tujuan utama pengguna serapang adalah menombak ikan yang timbul ke permukaan. Serapang juga dapat digunakan untuk menyiau (Mencari ikan pada malam hari). Serapang yang digunakan menyiau memiliki bentuk yang berbeda dengan serapang yang digunakan untuk menuba.


Serapang Menuba:

Serapang ini memiliki bentuk yang berbeda dengan serapang menyiau karena bentuk dan tingkat kekuatan yang dibutuhkan masing-masing tempat berbeda. Serapang menuba lebih diperuntukkan untuk ikan ikan yang memiliki ukuran yang besar dengan tenaga yang kuat sehingga struktur serapang yang digunakan harus kuat untuk menangani ikan ikan ganas seperti ikan Teruman (Ikan Toman).
Serapang menuba masih dibedakan menjadi dua jenis yaitu serapang tanggal tapuk (Serapang Lepas) dan serapang Bekuting (Serapang yang memiliki ujung seperti parang).


Gambar di Bawah adalah gambar Serapang Bekuting.

 
Serapang Tanggal Tapuk memiliki bentuk yang fleksibel seperti gambar di bawah.

Serapang ini dapat dilepas dan dipasang sehingga kita tidak perlu selalu membawa pemegangnya tidak seperti serapang bekuting.
Masing-masing serapang memiliki keunggulan tersendiri. Serapang bekuting tidak membuat kita repot mencari pegangan saat ingin digunakan sedangkan serapang tanggal tapuk kita harus membuat pegangan terlebih dahulu namun serapang ini lebih akurat jika kita menombak ikan yang besar karena serapang dan gagangnya dapat terlepas sehingga hanya tinggal talinya yang bergoyang.

Serapang Menyiau:

Serapang tipe ini adalah kebalikan dari serapang yang digunakan untuk menuba. Serapang ini dipakai tanpa menggunakan tuba namun dipakai saat malam hari ketika ikan-ikan sedang jinak dan ada juga ikan yang sedang tidur.


Setelah mengetahui beberapa tipe alat mencari ikan (serapang) yang digunakan oleh masyarakat suku dayak saya berharap pembaca dapat mengerti dan memahami beberapa kebiasaan dan kegiatan yang biasa dilakukan oleh suku dayak.
Saya mengucapkan terima kasih kepada pembaca yang sudah menyempatkan diri berkunjung di blog yang sederhana ini.
Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com