Saturday, May 30, 2015

Macam-macam alat rumah tangga tradisional Kalimantan



Dewasa ini, berdasarkan perkembangan dan tingginya populasi penduduk hingga membuat perubahan globalisasi semakin cepat. Dengan perkembangan global yang kian hari kian cepat membuat trend-trend tertentu hingga kebiasaan yang digunakan oleh nenek moyang kini ditinggalkan oleh masyarakat masa kini. Dari dasar itulah saya membuat bahasan mengenai peralatan rumah tangga tradisional yang biasa digunakan di daerah yang saya tinggali.
1.Peralatan Rumah Tangga Cupak


Cupak adalah sebuah wadah yang biasa dipakai untuk menyimpan bahan makanan apabila ingin bepergian jauh yang diperkirakan akan membuat kita kelaparan. Cupak dibuat dari Hati Bambu Kinjil yang ditipiskan dan dihaluskan sesuai keinginan pembuat cupak istilah dalam masyarakat untuk membuat cupak adalah Melalin Cupak. Cupak memiliki bentuk tabung tanpa tutup, Penggunaan cupak erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh masyarakat suku dayak. Cupak adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan suku dayak, karena cupak dipakai sebagai penentu adat pernikahan yang akan dipakai namun ini terjadi di daerah kec.air upas dan sekitarnya namun adapula adat yang berbeda.

2.Peralatan Rumah Tangga Labu Pearaian

Labu Pearaian adalah sebuah nama yang diberikan kepada penggunaan labu air sebagai wadah air minum. Labu ini memiliki bentuk yang unik dengan bagian di dekat tangkai agak kecil sedangkan bagian bawahnya lebar, Jika dilihat dari keseluruhan bisa saja dikatakan labu ini memiliki anak dibagian bawah tangkai. Penggunaan Labu Pearaian merupakan sebuah cara dimana kita dapat melestarikan kebiasaan nenek moyang kita agar tidak tergeser oleh perubahan zaman yang semakin pesat. Dengan teknologi yang begitu canggih seharusnya kita dapat mempublikasikan apa saja kebiasaan yang dimiliki oleh nenek moyang kita agar dapat dikenal oleh dunia luar sehingga tidak ada anggapan Indonesia adalah Negara yang miskin akan budaya dan pengetahuan.

3.Peralatan Rumah Tangga Kindai


Kindai adalah alat yang digunakan untuk membawa barang-barang dalam masyarakat suku dayak.
Kindai dibuat dari bahan rotan yang orang dayak sendiri biasa menyebutnya dengan rautan saga (Rotan Saga) dan rautan Lantung (Rotan Lantung).
Rotan saga dan rotan lantung memiliki ukuran yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Rotan saga biasa digunakan sebagai sasai untuk setiap barang yang berbentuk anyaman ya salah satunya adalah kindai.

Rotan Lantung memiliki ukuran yang lebih besar dari rotan saga sehingga memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi dalam hal kekerasan. Rotan lantung digunakan sebagai bahan utama untuk membentuk kindai. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan membuat kindai Rotan Lantung juga biasa digunakan untuk membuat Tangguk.
Rotan Saga memiliki ukuran  yang lebih kecil dari rotan lantung dan memiliki struktur yang lebih lembut dari rotan lantung sehingga akan lebih mudah untuk dijadikan bahan pengikat. Tidak hanya digunakan sebagai sasai kindai namun dapat digunakan untuk yang lain seperti sasai tanggguk,sasai serua dan lain-lain.

Kindai sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari contoh penggunaan kindai yang paling sering dipakai adalah saat Berimah (Mencari bahan pangan ke Lakau(Ladang)). Kindai juga dipakai sebagai tempat membawa barang-barang pada saat seorang anak laki-laki menikah dan melakukan ritual adat.

4.Peralatan Rumah Tangga Tangkin

Tangkin adalah alat yang biasa digunakan oleh masyarakat suku dayak untuk membawa hasil panen yang utama yaitu hasil panen padi. Saat menggetam padi, orang yang menggetam membawa tangkin yang berukuran kecil agar tidak terlalu berat setelah penuh maka hasil yang telah terkumpul dimasukkan ke dalam Tangkin yang lebih Besar.

Tangkin dibuat dari bahan Rotan dan Kulit bentanung (Dari kayu Bentanung). Rotan digunakan untuk membuat kepala dan tongkat dari Tangkin sedangkan Bentanung digunakan untuk dianyam membentuk tabung tanpa tutup.
Penggunaan bentanung dan rotan ini menjadikan Tangkin adalah sebuah alat yang ramah lingkungan.

Dengan rasa syukur dan terima kasih kepada pembaca yang telah berkunjung di blog yang sederhana ini kami memberikan apresiasi kepada pembaca agar dapat melestarikan apapun yang ada di dalam kehidupan sehari-hari di daerah pembaca.
Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com