Thursday, May 28, 2015

Macam-macam alat menangkap ikan tradisional ~Bubu,Tekalak,Serua,Tangguk,Tabaan

Dewasa ini dengan tingkat penggunaan dan perkembang teknologi yang begitu pesat membuat kita terlena akan perkembangan Globalisasi, Sehingga apapun yang kita miliki dari kebiasaan dari nenek moyang yang ada hampir kita lupakan. Dengan dasar itulah pada pertemuan kali ini saya akan membahas beberapa peralatan yang digunakan oleh nenek moyang kita untuk menangkap ikan yang berada di dalam masyarakat Suku Dayak. Namun saya juga yakin peralatan ini tidak hanya ada di dalam lingkungan hidup masyarakat Suku Dayak saja sehingga hendaknya pembaca memahami dan mengerti dasar dari penulisan artikel ini hanya sebagai pengenalan kepada khalayak luas untuk menambah ilmu pengetahuan.

Saya akan membahas berbagai peralatan yang berhubungan dengan menangkap ikan:

1.Alat Menangkap Ikan Tekalak


        Tekalak adalah perangkap yang dibuat dari sebatang bambu muda yang di anyam menggunakan selembar akar. Bambu yang masih muda ditebang dan dibelah-belah namun belahannya tidak sampai terpisah dari ujung ke ujung, namun pada bagian pangkalnya tidak terpotong. Setelah bambu terbelah maka kita akan menggunakan akar untuk membentuk Tekalak, Akar yang panjang dilipat menjadi dua dan dianyam menyilang disetiap belahan bambu, Setelah sampai ke bagian muka maka akar diikat kuat agar tak terlepas.
Tekalak dipasang di aliran air yang mengalir, namun pemasangan Tekalak membutukan penutup aliran air yang biasa disebut Tabaan. Kegiatan memasang Tekalak ini disebut Menaba karena menutup sebuah aliran air agar ikan hanya lewat melalui bagian yang diberi lubang yang sudah dipasangi Tekalak.
Masa perangkap ini dilihat(Dicaru) biasanya satu malam, ini dilakukan karena pertimbangan berdasarkan dimana kita memasang Tabaan. Namun kita dapat Mencaru(Melihat) Tabaan pada pagi dan sore hari apabila memang tempat dimana kita memasang Tabaan adalah sungai yang memiliki banyak ikan. 
2.Alat Menangkap Ikan Bubu



        Bubu adalah peralatan yang biasa digunakan untuk menangkap ikan.
Bubu memiliki dua bagian utama yaitu bagian Badan Bubu dan Hijap Bubu, Hijab Bubu berguna untuk menjadi jalan masuk ikan dan menahan ikan agar tidak keluar dari dalam Bubu. 
Bubu digunakan pada aliran sungai yang mengalir, Aliran sungai dibuat pondasi dari kayu dan pondasi itu dilapis dengan dedaunan pohon yang masih hidup. Dibagian tengah diberi lubang agar ada jalan untuk ikan naik turun di aliran sungai. Dibagian inilah Bubu diletakan dengan posisi bagian depan Bubu menghadap ke hilir dan belakang Bubu di bagian hulu sungai.Memasang alat penangkap ikan ini biasa disebut dengan Menaba.







3.Alat Menangkap Ikan Serua

     Penggunaan Bambu dan Rotan dapat di aplikasikan untuk membuat alat yang digunakan untuk menangkap ikan. Salah satu dari alat itu adalah Serua. Alat menangkap ikan ini dibuat dengan 2 bagian utama yaitu Badan Serua sendiri dan Tempat untuk meletakkan umpan yang diberi nama Papang.Alat menangkap ikan yang satu ini cukup populer di dalam kehidupan masyarakat dayak karena pengguanaan alat ini cukup mudah. Hanya dengan memberi umpan dan memasang alat ini di sungai dan menunggu kita akan mendapatkan ikan yang terperangakap di dalamnya.
Umpan yang digunakan biasanya adalah Rampang (Ampas perasan Tuak (Minuman Khas Suku Dayak)), Namun jika tidak ada rampang Singkong yang diparut juga dapat digunakan untuk menjadi umpan Serua.

Kini alat ini di kalangan modern hanyalah sebuah alat yang jarang digunakan, Karena hampir setiap hari orang yang berjualan ikan datang untuk berkeliling ke setiap rumah. Namun tidak luput juga beberapa orang masih dengan kebiasaan lama yang masih menggunakan Serua untuk memenuhi kebutuhan hidup adapula beberapa orang dari penggunaan Serua mendapatkan hasil lebih lalu mereka jual atau berikan kepada kerabat-kerabat mereka.



4.Cara Menagkap Ikan Menaba

       Dengan memiliki Bubu dan Tekalak saja tidak cukup untuk menangkap ikan, Kita harus memberikan aksi kepada kedua alat itu agar kita bisa mendapatkan ikan.
Dengan memiliki kedua alat penangkap ikan itu kita akan melakukan kegiatan yang dinamakan Menaba. Menaba adalah proses menangkap ikan menggunakan Tekalak dan Bubu di aliran sungai. Menaba berarti kita menggunakan Tabaan(Penutup aliran sungai). Menaba adalah prosen penutupan aliran sungai menggunakan kayu dan dedaunan yang masih hidup beserta rantingnya agar kita dapat meletakkan alat penangkap ikan. Alat penangkap ikan yang bisa digunakan menaba hanya ada 2 yaitu Tekalak dan Bubu.
Cara pemasangan Tekalak adalah menancapkan Tekalak dari arah Hulu sungai sehingga ikan apa saja yang turun dari hulu akan terperangkap di dalam Tekalak, Namun Tekalak hanya akan menangkap ikan yang berukuran agak besar karena anyaman Tekalak tidak padat.
Sedangkan cara pemasangan Bubu adalah dengan melubangi bagian tengah pada Tabaan agar dapat meletakkan Bubu di bagian hulu sungai dengan muka Bubu menghadap ke bagian Hilir sungai. Penggunaan Bubu sangat efektif karena ikan yang akan terperangkap di dalam Bubu tidak perlu ikan yang besar karena Bubu dianyam dan memiliki celah yang lebih kecil daripada Tekalak.


5.Alat Menangkap Ikan Tangguk 

        Dalam kehidupan masyarakat suku dayak memiliki kegiatan yang bernama menangguk yang biasa dilakukan oleh setiap anggota masyarakat suku dayak, tidak memperdulikan anak-anak,dewasa ataupun lansia karena kebiasaan itu memang telah tertanam dalam setiap masyarakat suku dayak.Tangguk adalah alat yang digunakan untuk menangguk, cara melakukannya hanya perlu memegang kedua ujungnya lalau menariknya ke ara badan. Tangguk dibuat dari bahan Rotan Lantung dan rotan saga, bahan lantung masing masing ujungnya dibuat lancip agar dapat dilipat menjadi lingkaran memanjang setengah bola dan diikat dengan sasai saga(Rotan saga yang dibentuk kecil untuk mengikat).Menangguk biasa dilakukan saat siang hari namun ada juga yang melakukannya dimalam hari. Menangguk yang dilakukan pada malam hari bukan lagi menangguk namun namanya berubah menjadi menyiau.


6.Alat Menangkap Ikan Serapang

       Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat suku dayak memiliki alat yang dapat digunakan untuk mencari lauk pauk yaitu Serapang. Serapang dalam suku dayak sangat dibutuhkan pada saat musim kemarau panjang karena pada saat kemarau panjang masyarakat suku dayak akan menangkap ikan dengan menggunakan racun yang berasal dari akar Tuba. Kegiatan meracun ini dinamakan Menuba
Serapang adalah pilihan utama saat menuba karena menuba dilakukan di air yang diperkirakan memiliki ikan yang banyak dan besar sehingga hanya serapa yang mampu menangkap ikan tersebut. Tujuan utama pengguna serapang adalah menombak ikan yang timbul ke permukaan. Serapang juga dapat digunakan untuk menyiau (Mencari ikan pada malam hari). Serapang yang digunakan menyiau memiliki bentuk yang berbeda dengan serapang yang digunakan untuk menuba. 




Dengan beberapa informasi yang telah saya bagikan di atas semoga dapat berguna bagi pembaca yang telah setia berkunjung ke Blog sederhana ini.
Location: Air Upas, Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78863, Republic of Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com