Wednesday, May 27, 2015

Bubu alat penangkap ikan tradisional suku dayak



Dahulu kala apapun yang dapat diguanakan untuk membuat sesuatu yang berarti itu pasti membuahkan hasil bagi kehidupan tidak luput juga rotan dan bambu. Rotan dan bambu merupakan tanaman yang banyak terdapat di hutan pedalaman Kalimantan. Namun tidak menutup kemungkinan di daerah lain juga memiliki tanaman ini.

Pohon bambu dapat dimanfaatkan untuk membuat kandang ayam namun bambu bagi masyarakat suku dayak memiliki kegunaan yang lain salah satunya adalah bahan pembuat Bubu yang biasa digunakan untuk menangkap ikan. Bambu ini dibentuk dengan ujung yang lancip yang dinamakan masyarakat suku dayak Sasai, Sasai ini di anyam menggunakan rotan.


Dibawah ini tampak Badan Bubu:

Bubu memiliki dua bagian utama yaitu bagian Badan Bubu dan Hijap Bubu, Hijab Bubu berguna untuk menjadi jalan masuk ikan dan menahan ikan agar tidak keluar dari dalam Bubu. 

Gambar di bawah ini tampak Hijap Bubu:
Bubu digunakan pada aliran sungai yang mengalir, Aliran sungai dibuat pondasi dari kayu dan pondasi itu dilapis dengan dedaunan pohon yang masih hidup. Dibagian tengah diberi lubang agar ada jalan untuk ikan naik turun di aliran sungai. Dibagian inilah Bubu diletakan dengan posisi bagian depan Bubu menghadap ke hilir dan belakang Bubu di bagian hulu sungai.Memasang alat penangkap ikan ini biasa disebut dengan Menaba.

Tampak gambar saat Bubu dipasang:
Perangkap ini cukup popular di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat suku dayak. Alat penangkap ikan ini popular karena bahannya mudah didapat di daerah sekitar perkampungan penduduk. Membuat Bubu juga tidak tergolong sulit karena yang dibutuhkan hanyalah skil dalam menganyam.

Alat penangkap ikan ini mungkin banyak juga berada di daerah lain selain Kalimantan, Ini terjadi karena keahlian nenek moyang kita dalam berfikir untuk menjadikan sesuatu yang biasa saja menjadi luar biasa dan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Jika saya menulis artikel ini dianggap sebagai pengklaiman kebudayaan dan sastra dari orang lain silahkan kirimkan pesan dan teguran ke Contact Kami.
Dengan segala keterbatasan yang kami miliki sebagi penulis kami meminta maaf kepada para pembaca karena tidak dapat menghadirkan bacaan yang menarik hati para pembaca, Namun inilah batas dari usaha yang kami lakukan dalam menulis. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih karena telah hendak berkunjung di blog yang sangat sederhana ini.
Location: North Jakarta, North Jakarta

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com